Kamis, 09 Februari 2012

BEWARE ......HAL KECIL DAPAT BERDAMPAK BESAR...

DAPATKAH LISTIK MENGALIR MELALUI LAMPU FLASH KAMERA KE TUBUH  ANDA ??? JAWABANYA : YA……..PASTI.  100%  BISA.
Ini adalah kisah nyata, dilaporkan suatu kejadian pada seorang mahasiswa teknik mesin tahun pertama, umur 19 tahun, yang meninggal di RS KESHVANI Kota Mumbai. Dia dibawa ke RS dengan keadaan luka bakar sekujur tubuhnya. Alasanya ????
Sebelumnya, dia mengikuti kegiatan studi tour ke Amravati (Sebuah daerah dekat kota Maharashtra), pada saat akan kembali, rombongan sementara menunggu kereta api di stasion railway, banyak diantara mereka saling mengambil foto bersama menggunakan handphone dan camera digital. Salah seorang diantaranya mengeluh tidak dapat mengambil foto keseluruhan rombongan, sehingga ia mundur menjauh dengan harapan dapat mengambil keseluruhan romongan dgn alat digicamnya.
Ia tidak memperhatikan adanya lintasan kawat listrik tegangan tinggi, 40.000 volt sementara melintas diatas kepalanya.  Maka Seketika itu , saat  ia menekan kamera digitalnya ??? Listrik tegangan tinggi, 40.000 volt di dekatnya langsung mengalir melalui lampu flash cameranya masuk kedalam camera, terus mengalir melalui jari-jari tangannya ke seluruh tubuhnya.  Semua terjadi begitu cepat, hanya dalam hitungan detik. Separuh tubuhnya mengalami luka bakar hebat..
Mereka langsung memanggil ambulance dan membawanya ke RS Keshvani, di Mumbai.
Setelah dirawat selama 1 hari, dia mulai sadar, tetapi dokter yang merawatnya mengatakan tidak mempunyai harapan banyak olehkarena luasnya luka bakar yang dideritanya. Singkat cerita, akhirnya ia kemudian meninggal dunia.
Sekarang pertanyaannya,…. Berapa dari antara kita yang sadar akan ancaman dan bahaya teknis seperti kasus diatas ??? Sekalipun sadar, berapa pula yang mengabaikannya dan menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa saja dan belum tentu akan terjadi…..
Inilah saatnya, kita lebih peka dan menyadari pentingnya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.    Hindari penggunaan handphone saat pengisian di SPBU.
2.    Hindari penggunaan handphone saat berkendaraan.
3.    Rubah sikap acuh terhadap setiap potensi ancaman dan bahaya yang mungkin terjadi.
4.    Hindari penggunaan handphone lansung yang sementara discharge (terhubung dengan listrik).
5.    Hindari mengcharge handphone anda sementara tidur atau  dekat dengan tempat tidur.
6.    Hindari penggunaan handphone/ camera digital atau lampu flash camera saat berada dekat dengan aliran listrik tegangan tinggi, seperti pada stasiun kereta api, railway.
(diterjemahkan dari artikel : Berns Mejias)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar